Sunday, September 20, 2020

Mekanisme Teknis Beriklan di Facebook dan Instagram



Berikut adalah mekanisme teknis yang mesti anda fahami ketika hendak beriklan di media sosial facebook maupun instagram. Diantaranya adalah :

  1. Menyiapkan Foto Produk 
    Ini adalah fase dasar terpenting !

    Kebanyakan orang menyiapkan foto produk yang kurang serius alias asal-asalan. Sehingga materi iklan jadi kurang menarik. Karenanya kami menyarankan agar sebelum anda beriklan di facebook atau di instagram atau dimedia lain, sebaiknya gunakan foto-foto produk terbaik anda agar komunikasi publik dapat menarik perhatian, yang pada akhirnya audiance akan klik iklan anda dan langsung meluncur ke webisite landing space yang anda miliki. Muaranya adalah audiance akhirnya membeli produk anda. 

    Saran : Jika kita kurang begitu menguasai dunia fotografi ( fotografi product ), anda bisa menyewa fotografer yang anda percaya. Sehingga hasil qualitas foto yang anda miliki untuk beriklan adalah foto yang terbaik. Ingat, satu foto / gambar bisa sejuta makna. Right....?!?

    KETERANGAN TAMBAHAN 
    Siapkan deskripsi produk dengan detail, baik itu deskripsi tentang : 
    • Bahan baku produk
    • Masa Expired
    • PIRT / BPOM
    • Fungsi dan atau Kegunaan / Manfaat Produk
    • Diproduksi oleh ?
    • Di distribusikan oleh ?
    • dll sampai dengan materi testimony jika di perlukan

        
  2. Menyiapkan Landing Page/space 
    Apa itu Landing Page / Space ?
    Landing page adalah setiap halaman yang dibuka oleh user dengan mengklik sesuatu terlebih dahulu. Tidak hanya pada website, tetapi sebutan “landing page” juga berlaku pada platform lain seperti media sosial, email, iklan berbayar dan sebagainya.

    Lalu Apa Fungsinya ?
    Landing page memiliki fungsi khusus dalam website yakni Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi disuatu website.

    So, setelah kita memiliki foto terbaik dari produk-produk kita berikut detail keterangan atas foto tersebut, maka langkah berikutnya sebelum kita berIKLAN di facebook atau di instagram, kita mesti menyiapakan terlebih dahulu landing page/space kita. 

    Jika kita belum bisa membuat landing page kita, kita bisa manfaatkan pihak ketiga untuk membantu membuatkan landing page [ ketentuan dan syarat membuat landing page/space ada disini ]

    Atau jika kita ingin belajar membuat landing page/space, kita bisa belajar DISINI


  3. Menyiapkan Anggaran Iklan
    Ini adalah langkah yang mendasar yang harus kita siapkan. BerIKLAN di Facebook ads dan atau di Instagram ads tidak memerlukan biaya yang mahal. Kita cukup menyediakan anggaran minimal Rp. 15.000,- / Hari ( Recomendasi Rp. 20.000,- hingga Rp. 30.000,- / hari ) sudah mampu menjangkau satu propinsi bahkan lebih. 

    Intinya jika kita ingin mendapatkan ikan paus, maka kail dan umpan-nyapun harus disesuaikan. Fahamlahyak maksudnya apa..., makin besar anggaran kita makin bagus, udah gitu aja. 

    NB : 
    Baca syarat dan ketentuan memasang iklan difacebook ads dan atau diinstagram ads kerjasama dengan WHOnesia ads facebook agency


  4. Mengatur Jadwal Tayang Iklan
    Foto sudah ada, Landing page sudah ready dan anggaran juga telah disediakan. Maka langkah berikutnya adalah mengatur jadwal tayang iklan kita. Mau berapa lama iklan kita ditayangkan di facebook dan atau instagram. Kita bisa mensetting sendiri atau mengatur sendiri. Minimal durasi pemasangan iklan adalah 5 hari. 

     
  5. Menyeting Target Area 
    Sebagai owner / manager perusahaan, anda bisa menentukan sendiri target iklan ini hendak di tayangkan. Apakah cukup satu kabupaten saja, atau dua bahkan tiga dan empat kabupaten seklaigus. Atau mau satu propinsi dan atau satu negara. semua bisa di setting sesuai dengan keinginan dan target produk iklan itu dibuat. 


  6. Menyeting Target Audiance 
    Setelah target area kita tentukan, maka langkah berikutnya adalah kita mementukan target audience. Apakah produk kita ini di khususkan untuk kaum laki-laki atau perempuan atau keduanya. Bahkan kita bisa mensetting target audiance dengan usia tertentu. Inilah enak dan hebatnya kita berIKLAN di facebook dan atau di Instagram. 


  7. Merancang Target Pertumbuhan Bisnis  
    Tidak kalah penting bahwa setiap perusahaan besar memiliki badan penelitian dan pengembangan produk maupun perusahaan. Karenanya target pertumbuhan bisnis ini mesti terukur dan juga terarah. Buatlah target pertumbuhan bisnis anda dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan hingga pertumbuhan tahunan. Semua terprogram dan atau terencana dalam set plan growth company label. Dan lihatlah hasilnya antara sebelum beriklan dengan sesudah beriklan di facebook ads dan atau di instagram ads. 

No comments:

Post a Comment